Allah itu indah dan menyukai keindahan, yang tercakup dalam Kaligrafi itu bukan hanya manual tulisan Arab saja, tapi disana sudah tercantum ornament dan hiasan-hiasannya. Jika kita lihat keNegara-negara yang ada diTimur tengah rata-rata masjid yang ada disana menggunakan kaligrafi yang bertuliskan Ayat-ayat Allah dan Hadits-hadits Nabi.

Khat Farisi Mukhtazal



Khat Farisi Mukhtazal
                  Gaya kaligrafi ini lahir sebagai reaksi atas adanya kemiripan bentuk huruf-huruf Farisi dan kemungkinan satu huruf memiliki lebih dari satu fungsi. Dengan demikian, satu goresan dapat berfungsi sebagai stenographer (Mukhtazal) untuk meringkas beberapa huruf sehingga memiliki beberapa bacaan.
                  Model goresan semacam ini sering menyulitkan khattat dan pembaca. Khattat kesulitan karena dalam beberapa keadaan persilanan khat tidak mudah dibuat. Sedangkan kesulitan bagi pembaca biasa adalah karena sering menderita kesusahan dalam membacanya, sehingga timbul dugaan bahwa khat semacam ini merupakan puzzle atau teka-teki. Dari sini, sebuah peribahasa mengatakan: ”Khairul khat ma quri’a” (Sebaik-baik khat adalah yang bisa dibaca).


0 Responses So Far:


ShoutMix chat widget