Allah itu indah dan menyukai keindahan, yang tercakup dalam Kaligrafi itu bukan hanya manual tulisan Arab saja, tapi disana sudah tercantum ornament dan hiasan-hiasannya. Jika kita lihat keNegara-negara yang ada diTimur tengah rata-rata masjid yang ada disana menggunakan kaligrafi yang bertuliskan Ayat-ayat Allah dan Hadits-hadits Nabi.

Khat Tsulust Jali



Khat Tsulust Jali
                  Jali Artinya Wadih (jelas) kejelasan dalam Khat Tsuslust Jali terletak pada lebar anantomi hurufnya yang lebih dominan dari pada jaraknya, disbandingkan dengan jarak yang lebih dominant daripada lebar anatiomi hurufnya dalam Tsulust ‘Adi. Dengan demikian, dalam Tsulust ‘Adhi akan tampak jelas komposisi huruf yang bertumpuk memadati ruang media yang tertulis.
                  Khat Tsulust Jali banyak digunakan untuk menulis judul-judul dan media seni yang permanen. Beberapa master Tsulust Jali yeng terkenal diantaranya adalah Ibrahim Alawuddin, Ismail Haqqi, Ahmad Sabri, Muhammada Sami, Kamil Al-baba, Husni Al-Baba, Hamid Al-Amidi, Hasyim Muhammad, Daud Bektas dan Faruq Haddad.


0 Responses So Far:


ShoutMix chat widget