Allah itu indah dan menyukai keindahan, yang tercakup dalam Kaligrafi itu bukan hanya manual tulisan Arab saja, tapi disana sudah tercantum ornament dan hiasan-hiasannya. Jika kita lihat keNegara-negara yang ada diTimur tengah rata-rata masjid yang ada disana menggunakan kaligrafi yang bertuliskan Ayat-ayat Allah dan Hadits-hadits Nabi.

Khat Tsulust Mutazhir



Khat Tsulust Mutazhir
                  Mutanazhir  artinya saling pantul. Dinamakan pula Khat Tsulust Mir’at alias cermin. Dinamakan mutanazhir atau mir’at karena tulisan yang berada disamping kanannya memantul kesamping kiri sehingga seakan diantara dua sisi tersebut ada cermin. Sebutan lain untuk gaya khat ini adalah ma’kus ( memantul) musanna ( AC-DC alias dua muka) dan ‘aynali (saling tatap).
                  Gaya khat ini tidak lepas dari pengaruh kebudayaan muslim yang saling berbalas kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Apabila disapa dengan Assalamu’alaikum  maka kita harus menjawab wa’alaikum salam.
                  Para master ahli dalam mengolah Khat Tsulust Mutanazhir antara lain Daud Bektas,  Muhammad  Fahmi Afandi, Ali Rezalian, dan Hasan Al-Masoudy.


0 Responses So Far:


ShoutMix chat widget