Allah itu indah dan menyukai keindahan, yang tercakup dalam Kaligrafi itu bukan hanya manual tulisan Arab saja, tapi disana sudah tercantum ornament dan hiasan-hiasannya. Jika kita lihat keNegara-negara yang ada diTimur tengah rata-rata masjid yang ada disana menggunakan kaligrafi yang bertuliskan Ayat-ayat Allah dan Hadits-hadits Nabi.

Khat Kufi Muzayyin Nafsah



Khat Kufi Muzayyin Nafsah
                  Kaligrafi ini tidak dimasuki unsur ornamen nabati atau ukiran seni apa pun. Namun kita perhatikan huruf-huruf horizontalnya memanjang mengisi ruang-ruangnya yang kosong membentuk unsur ornamen yang “menghias dirinya sendiri” (muzzayyin nafsahu binafsihi).
                  Dalam tulisan Wala Galiba Illallah karya Muhammad Abdul Kadir tahun 1366 H di Kairo, huruf-huruf horizontalnya memanjang berjalinan dengan huruf-huruf tetangganya membentuk ornamen yang artistik oleh dirinya sendiri tanpa gantungan unsur luar.
                  Untuk kaligrafi model ini tidak ada ungkapan lain kecuali syarat yang harus dipenuhinya, yaitu harus ada huruf-huruf horizontal yang banyak dan saling berdampingan.


0 Responses So Far:


ShoutMix chat widget