Allah itu indah dan menyukai keindahan, yang tercakup dalam Kaligrafi itu bukan hanya manual tulisan Arab saja, tapi disana sudah tercantum ornament dan hiasan-hiasannya. Jika kita lihat keNegara-negara yang ada diTimur tengah rata-rata masjid yang ada disana menggunakan kaligrafi yang bertuliskan Ayat-ayat Allah dan Hadits-hadits Nabi.

Pengertian Kaligrafi


Pengertian Kaligrafi
 
Secara etimologi, kata kaligrafi merupakan penyederhanaan dari calligraphy. Sebuah kata dalam bahasa Inggris yang berasal dari dua suku kata latin, yaitu calios yang berarti indah dan graph yang berarti tulisan. Jadi kaligrafi adalah tulisan yang indah, atau aksara yang sudah dibentuk dan dimasuki unsur keindahan. Dalam bahasa Arab disebut khat.1 Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kaligrafi berarti seni menulis indah dengan pena.2
Secara terminologi, lahir beberapa pengertian yang agak berbeda dari masing-masing pakar kaligrafi, tergantung sudut pandang mereka. Yaqut Al-Musta’shimi – kaligrafer kenamaan Turki Utsmani – memandangnya dari sisi keindahan rasa yang dikandungnya, sehingga ia mendefinisikannya sebagai “seni arsitektur rohani, yang lahir melalui perabot kebendaan.”3 Dalam ungkapan yang berbeda, Ubaidillah ibn Abbas mengistilahkan kaligrafi dengan “lisan al-yadd”


0 Responses So Far:


ShoutMix chat widget